KESALAHAN PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP BANSOS

Masih segar dalam ingatan Sobat, ketika pandemi Covid-19 masih terbilang “baru” di Indonesia. Saat pemerintah pusat maupun daerah ramai-ramai melakukan refocusing anggaran untuk dialokasikan menjadi segala bentuk kegiatan penanganan Covid. Saat itulah bermunculan program Bansos Covid dari beberapa Kementerian yang bertajuk Jaring Pengaman Sosial. Mulai dari Kementerian Sosial dengan penambahan KPM PKH, Sembako maupun BST-nya, Kementerian Koperasi dan UMKM dengan BPUM-nya serta Kementerian Desa dengan BLT DD-nya. Menyusul kemudian PLN dengan subsidi listriknya, Kemendikbud dengan bantuan kuota pendidikan-nya serta Kemenaker dengan Prakerja-nya.

Program-program tersebut tentu disambut dengan antusiasme yang tinggi oleh masyarakat, mengingat kondisi keuangan yang sedang terpuruk karena usahanya berhenti beroperasi, dirumahkan atau di-PHK. Jika dalam kondisi normal bansos identik dengan fakir miskin, maka saat itu pakem tersebut tidak lagi berlaku. Terlebih setelah terbitnya Surat Edaran KPK RI No 11 Tahun 2020 yang memberikan kesempatan bagi masyarakat Non-DTKS (yang memenuhi kriteria tertentu) untuk memperoleh bansos karena masuk dalam kriteria terdampak pandemi Covid-19.

Dalam situasi ini para penebar hoax ikut meramaikan, dengan menyebarkan konten-konten seperti cara mendapatkan bantuan senilai Rp sekian juta perbulan blablabla, memelintir bahasa sedemikian rupa hingga tampilannya menyerupai iklan lowongan kerja yang menggiurkan. Entah hanya memanfaat situasi untuk mencari traffic kunjungan, cari follower atau apa. Akhirnya terbentuklah persepsi di masyarakat seolah siapapun boleh menerima bansos sebanyak-banyaknya dari segala sumber baik pemerintah pusat, provinsi, Kabupaten/Kota maupun Desa. Puncakny ditandai dengan munculnya pemberitaan di media tentang 3 pemda di Provinsi Jawa Barat yang hingga perlu turun tangan KPK untuk meluruskan persepsi warganya.

Berikut kami coba merangkumkan apa-apa saja persepsi yang keliru tersebut, dan seperti apa yang benar. Check it out yuk..!

Published by Sobat_MelayaniMrantasi

Tempat saling berbagi informasi, bertukar pikiran dan mengembangkan ide dalam rangka menemukan solusi atas permasalahan-permasalahan kesejahteraan sosial terkini di masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

Create your website with WordPress.com
Get started
%d bloggers like this: